PENGGUNAAN



Karena semakin banyak robot yang dirancang untuk tugas tertentu, metode klasifikasi ini menjadi lebih penting. Misalnya, banyak robot dirancang untuk tugas perakitan dan mungkin tidak mudah disesuaikan dengan kegunaan lain. Mereka disebut  "robot perakitan". Untuk pengelasan jahitan, beberapa pemasok menawarkan sistem pengelasan lengkap dengan robot, yaitu mesin las dan peralatan  penanganan material lainnya seperti meja putar,  sebagai satu kesatuan. Sistem robot terintegrasi seperti ini disebut “robot pengelasan”, namun unit manipulator individu dapat disesuaikan dengan tugas yang berbeda. Beberapa robot disebut "robot berperforma tinggi", yang dirancang khusus untuk menangani benda berat. 

Penggunaan  saat ini dan potensinya meliputi: 

- robot militer.  
- Robot industri. Robot semakin banyak digunakan di bidang manufaktur (sejak tahun 1960an). Menurut Asosiasi Industri Robotika, industri otomotif merupakan pembeli utama robot industri pada tahun 2016, menyumbang 52% dari total penjualan. Dalam industri otomotif, mereka dapat mencakup lebih dari separuh “tenaga kerja”. Beberapa pabrik "padam", seperti pabrik pembuatan keyboard IBM di Texas, yang sepenuhnya otomatis pada awal tahun 2003.  
- Cobot (robot kolaboratif).  
- Robot konstruksi. Robot konstruksi dapat dibagi menjadi tiga jenis: robot konvensional, robot lengan, dan robot exoskeleton. 
- Robot pertanian (AgRobots). Penggunaan robot di bidang pertanian  erat kaitannya dengan konsep pertanian presisi berbantuan AI dan penggunaan drone. Penelitian dari tahun 1996 hingga 1998 juga menunjukkan bahwa robot dapat melakukan tugas secara berkelompok. 
- Berbagai jenis robot medis. Seperti Sistem Bedah atau Hospice Da Vinci. 
- Otomatisasi dapur. Contoh otomatisasi dapur komersial (di bidang kuliner) antara lain Flippy (burger), Zume Pizza (pizza), dan Cafe. Contoh lainnya adalah Boris (pencuci piring).  
- Pertarungan robot untuk olahraga – hobi atau acara olahraga di mana dua robot atau lebih bersaing untuk saling menghilangkan di sebuah arena. Apa yang dimulai sebagai hobi pada tahun 1990an telah berkembang  menjadi beberapa serial televisi di seluruh dunia.  
- Membersihkan area yang terkontaminasi seperti limbah beracun dan fasilitas nuklir.  
- Robot rumah tangga. 
- robot nano.  
- Robotika Kawanan. 
- Drone otonom. 
- Penandaan garis lapangan olah raga.

Komentar