DAMPAK TERHADAP KESELAMATAN & KESEHATAN KERJA



Sebuah makalah diskusi yang dibuat oleh EU-OSHA menyoroti bagaimana meluasnya penggunaan robot menghadirkan peluang dan tantangan bagi keselamatan dan kesehatan kerja. 

Manfaat kesehatan dan keselamatan terbesar  dari perluasan penggunaan robot kemungkinan besar adalah penggantian orang yang bekerja di lingkungan yang tidak sehat atau berbahaya. Dalam industri kedirgantaraan, pertahanan, keamanan, dan nuklir, serta dalam bidang logistik, pemeliharaan, dan inspeksi, robot otonom dapat sangat berguna dalam menggantikan pekerja manusia yang melakukan tugas berbahaya atau tidak aman, sehingga meningkatkan paparan pekerja terhadap zat berbahaya berkurang, berbahaya. kondisi dihindari, dan  risiko fisik dihindari. Berkurang secara ergonomis dan psikososial. Misalnya, robot sudah digunakan untuk  tugas yang berulang dan monoton,  menangani bahan radioaktif, dan bekerja di atmosfer yang mudah meledak. Di masa depan, robot akan melakukan banyak tugas  yang  berulang, berisiko, dan tidak menyenangkan  di industri seperti pertanian, konstruksi, transportasi, perawatan kesehatan, pemadam kebakaran, dan layanan kebersihan.  

Meskipun terdapat kemajuan-kemajuan ini, ada keterampilan-keterampilan tertentu yang  lebih cocok bagi manusia dibandingkan mesin dalam jangka panjang, dan pertanyaannya adalah bagaimana mencapai kombinasi terbaik antara kemampuan manusia dan robot. Manfaat robotika meliputi kerja keras yang presisi dan dapat diulang, sedangkan manfaatnya bagi manusia meliputi kreativitas, pengambilan keputusan, fleksibilitas, dan kemampuan beradaptasi. Kebutuhan untuk menggabungkan kemampuan optimal mendorong cobot dan manusia untuk menggunakan ruang kerja bersama secara lebih dekat, sehingga mengarah pada pengembangan pendekatan dan standar baru untuk memastikan keamanan “penggabungan manusia-robot.” Kita terhubung. Beberapa negara Eropa memasukkan robotika ke dalam program nasional mereka  untuk mendorong kolaborasi yang aman dan fleksibel antara robot dan operator guna mencapai peningkatan produktivitas. Misalnya, Institut Federal  untuk Keselamatan dan Kesehatan Kerja (BAuA) mengadakan lokakarya tahunan dengan tema "Kolaborasi Manusia-Robot". 

Di masa depan, kolaborasi robot-manusia akan menjadi lebih beragam, robot  akan memiliki otonomi yang lebih besar, dan kolaborasi manusia-robot akan mengambil bentuk yang benar-benar baru. Pendekatan dan standar teknologi saat ini yang bertujuan untuk melindungi karyawan dari risiko bekerja dengan cobot perlu direvisi.

Komentar